Kista di rahim menjadi salah satu gangguan atau masalah yang banyak dialami oleh wanita hamil. Dan yang menjadi pertanyaan adalah kista di rahim saat hamil apakah berbahaya ? berikut jawabannya kami berikan untuk anda silahkan disimak !

kista di rahim

Kista Di Rahim Saat Hamil

Kista di rahim adalah kantung berisi cairan yang bisa menyebabkan pembengkakan yang tumbuh pada rahim, cairan tersebut bisa berupa nanah atau cairan-cairan lain.

Ada 2 jenis kista yang bisa tumbuh pada masa kehamilan yakni :

  1. Kista yang disebabkan secara alami (fisiologis)
  2. Kista yang disebabkan karena keadaan tidak normal (patologis)

Kista  fisiologis adalah kista yang muncul atau tumbuh karena adanya sel telur ke luar dari ovarium dan melebur bersama sperma. Karena adanya kekosongan maka hormon human chorionic gonadotropin di dalam ovarium menjadi kista.

Pada awal kemunculanya kista fisiologis tidaklah berbahaya bahkan tidak menimbulkan gejala sama sekali sehingga sulit untuk dideteksi.

Selain itu jenis kista fisiologis yang tumbuh pada masa kehamilan juga biasanya akan menyusut dengan sendirinya di sekitar minggu kesepuluh dan hilang pada minggu keenam belas kehamilan.

Sehingga secara umum kista di rahim yang terbentuk secara alami ( fisiologis ) pada masa kehamilan tidak begitu membahayakan bagi ibu hamil atau janin. Janin masih memiliki potensi tumbuh dengan baik dan sehat.

Namun beda halnya jika kista yang tumbuh pada masa kehamilan jenis patologis yakni kista yang tubuh karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal dapat menimbulkan bahaya.

Bahaya Kista Di Rahim Saat Hamil

Salah satu dampak atau bahaya kista di rahim pada ibu hamil ketika kista yang diderita jenis patologis yakni kista yang di picu karena adanya perubahan dan pertumbuhan sel secara abnormal adalah keguguran.

Hal tersebut terjadi karena kista jenis patologis bisa terus berkembang sehingga memiliki ukuran dan diameter lebih dari 5 cm bahkan bisa sampai 15 cm yang akan mengganggu kehamilan.

Kista yang berasal dari rongga panggul mempunyai ciri memiliki akar sehingga akan memicu komplikasi  torsi. Perkembangan komplikasi ini mengalami tingkatan serius pada umur kehamilan 10-15 minggu.

bahaya kista di rahim saat hamilBahaya dari kista jenis ini adalah timbulnya gangguan pada janin . Sehingga akan menghambat pertumbuhan  hingga mengakibatkan terjadinya kematian dalam rahim (oburtus).

Salah satu indikasi atau gejala seorang wanita yang menderita kista jenis ini adalah akan merasakan keluhan medis berupa : nyeri perut bagian bawah, mual-mual, demam ringan . Pada kondisi tertentu jika kista pecah, maka sipenderita akan mengalami muntah disertai dengan nyeri yang tidak tertahankan di bagian bawah perut.

Seger temui dan konsultasikan dengan dokter ketika beberapa gejala tersebut sering anda alami pada masa kehamilan, sehingga hal buruk yang bisa saja terjadi bisa anda hindari.

Namun bagi anda yang saat ini hamil muda dan ditemukan kista pada rahim anda maka anda tidak perlu khwatir karena kista yang muncul belum tentunya kista berbahaya ( kista patologis ). Akan tetapi sebiknya anda segera melakukan pengobatan yang serius.

Salah satu pengobatan kista di rahim pada saat hamil yang dapat anda lakukan karena terbilang sangat aman ialah dengan mengkonsumsi obat herbal kista.

Demikianlah infromasi tentang kista di rahim saat hamil ini semoga bermanfaat dan bisa menahbwah wawasan serta mejawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak dan sampai jumpa.

Sumber : http://bidanku.com/