Ginjal Polikistik – Gejala Bahaya Dan Cara Mengobatinya

ginjal polikistik

Apa Itu Penyakit Ginjal Polikistik ?

Ginjal polikistik adalah kelain ginjal yang ditandai dengan pembentukan kista pada organ ginjal, yakni kantong berisi cairan berbentuk bulat atau oval yang bersifat non kanker. Sehingga tidak akan menyebabkan kanker dan jarang sekali terjadi komplikasi.

Namun, meskipun begitu kelainan ini dapat menyebabkan fungsi ginjal terganggu jika dibiarkan terus menerus bahkan bisa menyebabkan ginjal kehilangan fungsinya ( gagal ginjal ).

Kista pada ginjal juga menyebar ke organ lainnya, seperti hati, jantung, dan otak dan ini dapat menyebabkan murmur jantung, aneurisma otak atau bahkan stroke hingga kematian.

Dengan demikian maka penyakit ginjal polikistik jelas tidak boleh di anggap remeh sehingga diperlukan penangan dan pengobatan yang serius jika beberapa gejala kista ginjal anda rasakan.

Gejala Kista Ginjal ( Ginjal Polikistik )

Pada awal kemunculannya yakni kista masih berukuran kecil, kelainan ginjal polikistik tidak akan menimbulkan gejala. Namun gejala baru muncul ketika kista yang tubuh pada ginjal telah memiliki ukuran besar.

Dan berikut ini adalah beberapa gejala atau keluhan yang umumnya sering dialami oleh penderita penyakit kista ginjal, yakni :

  • Terjadinya infeksi yang menimbulkan demam, menggigil, atau gejala infeksi lainnya.
  • Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada punggung, bagian samping (antara tulang rusuk dan pinggul), atau perut bagian atas jika kista mengalami pembengkakan dan menekan organ lainnya.
    Sering buang air kecil.
  • Darah dalam urine atau urine berwarna gelap.
  • Fungsi ginjal yang menurun, meski ini jarang sekali terjadi.
  • Sakit pada salah satu atau kedua ginjal karena terjadinya pembengkakan.
  • Terdeteksinya protein dalam urine.
  • Darah dalam urine, kondisi ini bisa muncul dan menghilang karena salah satu atau beberapa kista mengalami pendarahan.
  • Batu ginjal yang bisa menimbulkan rasa sakit parah saat terdapat batu menghalangi ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih). Jika batu berukuran kecil maka tidak akan menimbulkan gejala sama sekali.
  • Hipertensi.
  • Infeksi ginjal yang muncul kembali.
  • Muncul rasa sakit dan/atau pembengkakan pada bagian perut.

Jika saat ini keluhan tersebut anda rasakan atau temukan para orang terdekat anda maka segera hubungi dokter guna mengetahui penyebab pasti akan keluhan yang anda alami.

Bahaya Penyakit Kista Ginjal

Menyinggung tentang bahaya dan tidak bahaya penyakit kista ginjal ini maka jelas ini berbahaya karena apa ? karena pertumbuhan kista pada ginjal dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi ginjal sehingga ginjal dapat kehilangan fungsinya.

Atau dengan kata lain penyakit ginjal polikistik bisa menyebabkan komplikasi penyakit gagal ginjal. Selain itu komplikasi gagal ginjal, ginjal polikistik juga bisa menimbulkan komplikasi lainnya yakni :

  • Kista meletus. Jika kista ginjal meletus, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup parah pada bagian punggung atau bagian samping, yaitu antara tulang rusuk dan panggul.
  • Kista terinfeksi. Jika kista ginjal mengalami infeksi, Anda bisa mengalami rasa sakit dan demam.
    Gangguan buang air kecil. Jika Anda mengalami sumbatan yang disebabkan oleh kista ginjal, kesulitan buang air kecil bisa terjadi dan dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal.
  • Hipertensi. Penyakit ginjal polikistik bisa meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi karena ginjal memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah. Jika Anda mengalami hipertensi, maka risiko terjadinya serangan jantung dan stroke juga meningkat.

Cara Mengobati Ginjal Polikistik

Cara mengobati ginjal polikistik yang biasa dilakukan oleh dokter adalah dengan prosedur operasi pengangkatan kista serta pengeringan kista.

  1. Prosedur operasi pengangkatan kista. Cairan yang ada di dalam kista akan dikeringkan, lalu dinding ginjal yang terdapat kista akan dipotong atau dibakar.
  2. Prosedur pengeringan dan pengisian kista. Cairan yang ada di dalam kista akan dikeringkan oleh dokter dengan cara memasukkan jarum kecil yang panjang ke dalam kista. Jarum dimasukkan dari kulit, hingga menembus ginjal dan akhirnya kista. Setelah cairan pada kista dikeluarkan, untuk mencegah kista tidak terbentuk kembali, dokter mungkin akan mengisi kista dengan larutan alkohol. Prosedur ini jarang sekali dilakukan karena kista tetap bisa kembali muncul.

Selain dengan kedua prosedur tersebut, kista ginjal juga bisa diobati dengan cara alternatif yakni dengan rutin mengkonsumsi obat herbal kista, baik yang dibuat sendiri dengan memanfaatkan tanaman obat kista atau obat herbal kista yang sudah jadi yang bisa dibeli secara online seperti Jelly Gamat QnC.

Demikianlah informasi tentang gejala bahaya dan cara mengobati ginjal polikistik ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda seta menambah wawasan anda. Terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *