Dampak Dan Resiko Operasi Kista Ovarium

Inilah beberapa dampak dan resiko operasi kista ovarium yang bisa dialami oleh wanita yang menjalaninya.

Dampak Dan Resiko Operasi Kista Ovarium
Ilustrasi Operasi Kista Ovarium

Dampak Dan Resiko Operasi Kista Ovarium

Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus.

Namun apabila kehadiran kista tidak diatasi dengan baik dan benar ada kemungkinan kista berkembang menjadi ganas.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Hardi Susanti spesialis kandungan dan kebidanan di RS di jakarta, beliau mengatakan bahwa 20-30% kista berpotensi menjadi ganas utamanya pada wanita dengan usia diatas 40 tahun.

Operasi merupakan salah satu tindak medis yang dilakukan untuk menangani penyakit kista ovarium. Operasi kista ovarium dilakukan jika ukuran kista sudah sangat besar sehingga membungkus seluruh ovarium dan tupa falopi atau terindikasi kista dapat berkembang lebih ganas lagi, utamanya jika sipenderita mengalami beberapa gejala sebagai berikut :

  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Merasa kelelahan dan pusing.
  • Perut kembung.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti yang Anda alami selama kehamilan.
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir.
  • Nyeri panggul yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.

Yang namanya operasi, utamanya operasi besar yakni dengan cara pembedahan maka sudah jelas akan menimbulkan resiko, lalu apa saja resiko operasi kista ovarium ? berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Dampak dan resiko operasi kista ovarium jelas harus diketahui dan dipahami dengan betul oleh anda penderita kista yang disarankan atau akan menjalani operasi pengangkatan kista. Sehingga anda bisa melakukan pencergahan guna meminimalisir dampak tersebut anda alami.

Dampak Dan Resiko Operasi Kista Ovarium

Berikut ini adalah beberapa dampak dan resiko operasi kista ovarium yang bisa muncul dan terjadi, yakni :

  1. Mengalami keruskan usus atau kandung kemih pada saat operasi
  2. Mengalami Infeksi
  3. Timbulnya jaringan parut berbentuk dilokasi bedah, pada indung telur atau tuba falopi atau di panggul
  4. Terjadi pendarahan di rahim
  5. Infertilitas
  6. Pembekuan Darah
  7. Kista Ovarium dapat tumbuh dan muncul kembali pasca operasi

Selain itu operasi kista ovarium  juga bisa memicu menopause dan meniadakan kemungkinan untuk memiliki anak jika operasi pengangkatan kista dibarengi dengan pengangkatan kedua ovarium.

Lalu, bagaimana jika ovarium yang diangkat hanya satu ?

Pengangkatan pada satu ovarium dapat sedikit mempengaruhi tingkat kesuburan tetapi ovarium yang tersisa dapat terus memproduksi hormon dan sel-sel telur sehingga kemungkinan untuk hamil dan memiliki anak tetap ada. Hal tersebut dikatakan oleh dr. Rievia Bahasoean dari halaman alodokter[dot]com

Demikianlah informasi tentang dampak dan resiko operasi kista ovarium ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Selain miliki beberapa dampak diatas, pasca operasi tumor ovarium sipasien operasi juga harus menjadi masa penyembuhan yang memakan waktu cukup lama yakni mencapai 3 bulan jika operasi yang dipilih operasi terbuka, namun jika operasi yang di pilih laparaskopi dimana sayatan hanya berukuran 1 cm biasanya pemulihan bisa lebih cepat.

Dan bagi anda yang akan menjalani operasi guna mencegah penyakit kista yang anda derita tumbuh kembali pasca operasi maka tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi suplemen obat herbal kista.

Selain untuk  pencegahan, mengkonsumsi obat herbal kista juga bisa menjadi alternatif pengobatan kista tanpa operasi. Jadi sebelum anda mengambil langkah operasi maka tidak ada salahnya jika anda mengobati kista yang anda derita dengan konsumsi obat herbal kista.

PAKET OBAT HEBRAL KISTA – Kista Sembuh Tanpa Operasi

Sponsor By

Obat Herbal Kista Tanpa Operasi

3 thoughts on “Dampak Dan Resiko Operasi Kista Ovarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *