Selain para rahim kista juga bisa tumbuh pada payudara wanita, lalu bahayakah kista pada payudara ? hal tersebut akan menjadi topik pembahasan kami kali ini setelah sebelumnya kami membahas tentang : cara mencegah kista agar tidak membesar, dampak operasi tumor ovarium serta pantangan makanan pasca operasi ovarium.

Bahayakah Kista Pada Payudara

Bahayakah Kista Pada Payudara ?

Sebagian besar wanita yang didiaknosa menderita penyakit kista payudara tentu akan merasa was-was dan ingin mengetahui seberapa bahayakah kista pada payudara ?

Anda tidak perlu khawatir kista yang tumbuh pada payudara tergolong jinak dan tidak akan berkembang ke arah yang lebih seirus atau dalam artian kecil kemungkinan untuk kista payudara berkembang menjadi tumor ganas atau kanker.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kista payudara bukanlah hal yang berbahaya. Akan tetapi walaupun demikian anda jangan pernah anggap remeh atau enteng penyakit kista payudara.

Karena apabila tidak diatasi, maka kemungkinan kista bisa terus membesar sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah dan keluhan seperti timbulnya rasa tidak nyaman dan sakit pada payudara.

Apa Itu Kista Payudara ?

Kista payudara adalah kantung berisi cairan yang tumbuh pada payudara berbentuk bulat atau oval, menyerupai balon yang berisi air. 

Ukuran dari benjolan tersebut bisa beragam mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar yakni bisa mencapai diameter sekitar 1 sampai 2 inci (2.5 sampai 5cm).

Jika ukurannya masih kecila maka biasanya tidak akan menimbulkan gejala atau keluhan medis namun jika ukuran kista sudah besar barulah menimbulkan gejala medis seperti timbulnya tidak nyaman dan sakit pada payudara sebagai akibat dari tertekannya jaringan disekitas payudara.

Kista payudara lebih sering terjadi pada wanita usia 35-50 tahun, akan tetapi wanita dibawah usia 35 tahun juga bisa terkena kista payudara. Kista bisa tumbuh disalah satu atau bahkan kedua payudara wanita.

Namun, penyakit ini tidak mengarah pada kanker payudara dan tergolong jinak. Biasanya penyakit tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah menopause.

Akan tetapi ketika anda didiaknosa menderita penyakit kista maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter serta obati dengan serius.

Penyebab Kista Payudara

Berdasarkan beberapa bukti yang ditemukan kista payudara tumbuh akibat dari kelebihan estrogen dalam tubuh yang mampu merangsang jaringan payudara yang berkembang menjadi kista.

Pendapat lain menyebutkan dan meyakini bahwa kista payudara berkembang ketika kelenjar dan jaringan ikat pada payudara menghambat saluran susu. Akibatnya, kelenjar dan jaringan ikat tersebut akan melebar (dilatasi) dan kemudian terisi oleh cairan.

Pengobatan Kista Payudara

Walaupun tidak berbahaya kista harus tetap diobati. Pengobatan yang dlakukan bertujuan untuk mencegah mencegah pembesaran ukuran benjolan dan mengurangi atau meringankan gejala dari penyakit kista.

Dan berikut ini adalah beberapa pengobatan kista yang biasa dokter lakukan, yakni :

1. Aspirasi jarum halus (fine-needle aspiration) yakni mengeluarkan semua cairan dari kista dan memastikan benjolan hilang. Cara ini harus dilakukan secara berkali-kali sampai seluruh cairan dari kista hilang.

2. Penggunaan Hormon, yakni dengan cara memberikan pil KB untuk mengatur siklus menstruasi, akan tetapi cara ini memiliki efek samping sehingga hanya digunakan pada wanita yang mengalami penyakit kista berat.

3. Bedah Operasi, cara ini dilakukan untuk mengangkat kista secara langsung. Prosedur operasi dilakuka jika benjolan pada payudara menyebabkan Anda merasa tidak nyaman dalam kurun waktu yang lama dan menunjukkan tanda dan gejala yang mengkhawatirkan.

4. Konsumsi obat herbal, selain ketiga hal diatas anda juga bisa mengatasi penyakit kista dengan cara konsumsi rutin obat herbal kista. Cara ini lebih aman dan tidak menguras uang sehingga menjadi pilihan dan pengobatan terbaik yang dapat anda pilih.

obat herbal kista

Jelly Gamat QnC ( JNT )
Obat Herbal Kista Yang Telah Terbukti Ampuh Khasiatnya
Solusi Terbaik Untuk Mengobati Kista Tanpa Operasi
>> KLIK DISINI <<<

Demikianlah informasi tentang kista payudara dan bahaya kista payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu serta kekhawatiran anda. Terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat kami bermanfaat.

Kista Payudara – Bahayakah Kista Pada Payudara

Sponsor By

Obat Herbal Kista Ovary Nutrition Capsule – Obat Kista Terbaik